Cara Mancing Ikan Sepat Siam dan Umpannya yang Paling Galak

Hasil gambar untuk UMPAN MANCING IKAN SEPAT
Ikan Sepat Siam

 Ikan sepat adalah ikan yang hidup di air tawar dan biasanya akan hidup berkelompok kemanapun ia pergi,akan selalu bersama-sama,begitu juga dalam mencari makan,Ikan sepat Siam juga selalu bergerombol..
Dengan mengetahui teknik gaya hidup ikan sepat siam tersebut,maka kita juga bisa mencari kelemahan dalam tekik memancing ikan sepet siam tersebut.Ikan sepat memiliki ukuran kurang lebih 30 cm saja,relatif kecil namun rasa yang di hasilkan cukup banyak memikat lidah pencintanya..
Memiliki warna hitam pekat dan hampir seluruh bagian tubuh.namun tak jarang juga,banyak kita temui ikan sepet siam yang memiliki warna hitam agak kehijauan kususunya di bagian sirip belakang..

Kebiasaan Hidup Ikan sepat Siam.

Ikan sepat sangat menyukai perairan yang lebih tenang,air tawar yang banyak di temukan di perairan sungai,parit,danau,tambak,rawa terutama perairan yang banyak sekali di tumbuhi oleh lumut.
Pakan asli ikan sepat siam adalah tumbuhan kecil yang banyak tumbuh di daerah tempat tinggalnya,salah satunya adalah lumut hijauan yang merupakan makanan faforit ikan sepet siam.akan tetapi tak jarang juga ikan sepet siam memakan hewan kecil seperti kutu air,anak katak,kecebong asal bisa masuk dalam mulut ikan ini,pasti akan di lahapnya..

Cara bertelur Ikan Sepet siam.

Ikan sepat siam memiliki gaya unik untuk bertelur,salah satunya dengan memanfaatkan di mulut busa sang induk jantan.hal ini bertujuan untuk melindungi telur dari berbagai serangan binatang air lain.selain itu sampai menetas,telur akan tetap berada pada induk sampai anak sudah dewasa dan siap untuk mencari makanan sendiri.

Umpan Mancing Ikan sepat Siam.

Sesuai pengalaman penulis yang juga hobi mancing,ikan sepat siam di daerah saya yaitu di daerah TPA Jalan Sukarno Hatta Palembang kadang2 ke daerah Ogan Ilir yaitu Lebak Penesak Tg. Batu Seberang, Lebak Meranjat, Laut Gebang dll.  saya buat umpan hasil dari inovasi saya yg lumrah di lakukan banyak teman Mancing yaitu dgn menggunakan Rumput mata Lele. Rumput inti di rebus lalu di peras ambil ampasnya setelah itu campur sedikit minyak telon, 
Cara Memancing sepat taburkan kerupuk pada daerah yg kita mau pancing tadi, kerupuk yg mengandung minyak inilah sebagai pengundang ikan sepat siam supaya cepat mendekat dan mengumpul sambil makan kerupuk. setelah itu kita siapkan pancing sepat kita kasi umpan rumput lele tadi dengan di belit2kan pada pancing kita lalu taruh dekat gerombolan ikan sepat siam tadi, Insya Allah kita dapat ikan sepat siam yg kita maksud...Untuk mancing ikan sepat akan lebih bagus jika menggunakan mata pancing yang paling kecil..
Usahakan sesuaikan dengan mulut ikan,semakin kecil,akan semakin memudahkan ikan sepat siam melahap mata kail anda.jangan lupa juga,senar yang anda gunakan juga akan mempengaruhi dari pada ikan sepat tersebut,gunakan senar yang putih,kecil dan kuat,yang terpenting bisa mengelabuhi mata ikan sepat ini..
Cara Lain Mancing Ikan Sepat siam Lainnya:
Salah satu umpan mancing untuk ikan sepat adalah cacing.Cacing masih menempati urutan pertama.sebab selain mudah kita dapat,umpan cacing juga bagus dan sangat cepat di makan ikan sepet siam.selain menggunakan cacing,anda di rumah juga bisa menggunakan umpan dari Anak tawon madu,lipan.telur semut.
Silahkan di kombinasikan dan di cari mana dari umpan di atas yang memiliki kualitas paling bagus untuk mancing ikan sepat siam.selain itu,kita juga bisa menggunakan pakan alami dari pada ikan sepet itu sendiri,yaitu menggunakan lumut hijau yang masih muda..cara ini juga tergolong umpan paling jitu..Monggo silahkan di lakukan Eksperimen sendiri.
Sebagai teknik memanggil ikan sepet nila datang berkumpul,anda juga bisa menaburkan bekatul atau dedak di sekitar anda memancing.cara ini juga tergolong cara sederhana namun terbukti di lapangan mampu memanggil Gerombolan ikan sepet siap datang..

Umpan untuk mancing ikan sepat memang menjadi pondasi utama selain nasib dan keberuntungan.mengapa saya katakan nasib dan keberuntungan,yang mana dalam memancing ikan jenis apa saja,Nasib akan berperan lebih besar jika kita bandingkan dengan umpan.
Jika pas bernasib baik,mungkin kita akan mendapatkan ikan banyak,begitu juga sebaliknya,jika lagi apas,mungkin satu ikan pun tidak akan menyentuh kail yang kita lempar.jika hal ini sudah terjadi,kebanyakan orang akan mengelus dada..jangan lemah semangat,siapa tahu hari besok akan lebih baik di bandingkan hari ini.
Demikian Selamat Mencoba. Jangan lupa berdo'a kepada Allah sebelum mancing. Salam Horang...!

2 comments:

  1. Mantap om, banyak dapat ikan di laut gebang,,,, kemaren dapat ikan sepat 100 ekor. Spot mancing tanjung batu seberang

    ReplyDelete